Tuesday 5 May 2015

Cara Menyambungkan Postingan Blog ke Akun Facebook/Twitter via NetworkedBlogs

Klik “Get Started Now”, login ke NB dengan ke akun facebook.
scr networkedblogs2.  Begitu terhubung, akan muncul “Register a blog”. Isi kolomnya dengan alamat url blog yang akan disambungkan, lalu klik “Next”
13. Isi form mengenai informasi detail dari blog yang kita sambungkan. Perhatikan bagian yang diberi tanda panah merah! Kolom tersebut wajib diisi. Kalau sudah, klik “Next”
3
4. Selamat blog sudah terdaftar! :D
45. Selanjutnya akan ada kotak dialog yang muncul. Karena saya adalah penulis blog Catatan Phie, maka saya tekan “Yes”
6Lalu muncul:
7
6. Langkah selanjutnya adalah mengkonfirmasi bahwa saya adalah penulis blog tersebut.
8Konfirmasi bisa dilakukan dengan dua cara: mengirim invitasi kepada teman-teman facebook atau dengan memasang kode widget di sidebar blog. Cara kedua ini rada ribet untuk pemula, jadi kali ini saya memilih konfirm lewat teman-teman fb. Tidak perlu banyak, 5 orang cukup. Kalau sudah, klik “Done”.
9
7. Selesai langkah 6, dilanjutkan dengan kembali ke dashboard. Klik “Blogger dashboard” di bagian kanan atas, lalu di situ akan tampil resume blog yang tadi telah didaftarkan.
118. Selanjutnya adalah melakukan pengecekan feed dan sindikasi blog. Pertama klik “Test feed” (bagian gambar di atas yang ditandai dengan warna biru). Nanti akan muncul kotak dialog seperti berikut:
13Setelah itu, klik “Test Feed Now” lalu nanti akan muncul hasilnya seperti berikut ini:
14Scroll mouse ke bagian bawah dan pastikan feed blog kita valid dan terbaca. (lihat gambar!)
159. Setelah selesai pengecekan feed, dilanjutkan dengan sindikasi blog. Klik “Blogger dashboard” (lihat no. 7, perhatikan tanda merah pada gambar!). Klik “Syndication”, sehingga muncul kotak dialog sebagai berikut:
1610. Silakan pilih akun socmed yang akan disambungkan dengan blog. Saya sendiri akan menyambungkan Catatan Phie ke akun facebook dan twitter. Pertama klik “Add Facebook Target”, nanti akan muncul Syndication Targets-nya.
17
Klik “Add” dan “Close”
18
Lalu, akan tampak seperti ini:
1911. Selanjutnya, menyambungkan blog dengan akun twitter. Klik “Add Twitter Target”. Begitu tombol ini kita pencet, nanti akan ada jendela browser baru yang terbuka. Isikan “username” dan “password” akun twitter lalu klik “Authorize app”
21
Sehingga hasilnya akan tampil seperti berikut:
22
12. Langkah terakhir adalah melakukan testing (semacam test drive begitu :mrgreen: ) ke akun facebook dan twitter. Klik “Publish Test Post” untuk kedua akun.
24Sehingga akan terlihat sebagai berikut:
di TL akun facebook
23
dan di TL twitter
25
Taraaa …. Selesai sudah penyambungan blog ke socmed

No comments:

Post a Comment